Kamis, 18 Oktober 2007

ini sangat KRUSIAL

Beberapa hari lalu, tepatnya jumat 5 oktober 2007, sepulangnya gw dari Sonora, which is di gajah mada dan rumah gw di depok, gw memutuskan pulang menggunakan jasa transportasi paling menjijikan kalau penuh dan sangat mengasyikan kalau sepi- kereta. Dengan berbekal sedikit arahan dari mas bima dan mba lani-penyiar Sonora, gw nekat beneran naik kereta dari stasiun sawah besar.
Sampailah gw di stasiun sawah besar. Kereta datengnya lama banget, yang mau naik banyaknya naujubile, gw sangat haus tapi ga bisa minum karena ga enak sama orang-orang yang puasa, dan lagi kereta yang harus gw naikin karena hari sudah sangat sore sangat amat menyangat penuh. Bikin senewen ga si?
Dengan suksesnya gw masuk ke kereta sesak itu. Gw yang biasanya ga suka di dalem kalau naik kereta, terpaksa ke dalem karena di deket pintu penuh banget. Tapi, (mau sharing rahasia aja), ternyata di dalem tu lebih lega daripada di depan pintu kalau kereta lagi penuh. Alhamdulillah, dan lumayannya lagi gw dapet tempat duduk, walaupun itu baru di daerah pasar minggu dan gw turun 4 stasiun setelah itu, it means gw butuh melewati sekitar 8 stasiun untuk mendapatkan kenyamanan dalam kereta penuh-yaitu duduk. Lumayan…
Entah kenapa gw merasa terheran-heran ketika gw merasakan langsung betapa begitu banyak orang yang udah ga peduli terhadap lingkungan, ya gw udah sering dan tau tabiat kebanyakan orang Indonesia umumnya dan pengguna jasa kereta pada khususnya masalah peduli lingkungan. (langsung aja ke cerita intinya..)
Setelah buka puasa, gw minum, walaupun gw ga puasa tetep lah gw melepas dahaga. Setelah minum, gelas aqua gw habis(ya iya lahhh). Ini masih dalam keadaan duduk di kereta yang penuh sesak. Gw, seperti biasa kalau ga kepepet, ga membuang sampah sembarangan. Karena agak sedikit kerepotan, gw memutuskan untuk menyimpan sampah gelas aqua gw di tas. Mengingat keadaan tas gw yang sering menyusahkan pemiliknya, alhasil gw semakin kerepotan. Melihat gw kerepotan memasukan sampah kecil itu ke tas gw, mba mba yang ada si samping gw berkata dengan, entah bisa disebut niat baik atau niat yang jahat atau niat ‘bodoh’,” sini, sini di buang aja…” sambil mengulurkan tangannya mau ngmbil tu aqua dari tangan gw.
Aneh bin ajaib ga si tu mba mba. Sebel sendiri gw ngeliat nya. Bagus ada orang yang berniat baik mau jaga kebersihan, eh malah nawarin hal absurd yang aneh bin ajaib buang sampah sembarangan.
Kontan gw menggeleng, dan berkata “ga usah, makasih!” dan yang ga gw ucapkan, hanya gw ucapkan dalam hati gw aja, “aneh banget si lo!”
Ternyata keanehan masyarakat Indonesia tercinta-ku ini tidak berhenti samapai di kereta senja itu.
Setelah turun dari kereta di stasiun pondok cina, gw langsung menuju gramedia, membelanjakan buku yang gw tunggu tunggu untuk gw baca dan kerjakan, yaitu Laskar pelangi, edensor dan 1001- buku persiapan SPMB, untuk mengisi liburan lebaran gw yang sepertinya akan sangat membosankan tanpa ritual mudik. Gw udah baca yang sang pemimpi, jadi ga gw prioritaskan.
Akhirnya gw dapet tu buku, tapi 1001nya ga gw beli semuanya karena matek-nya abis dan edensor pun ga gw beli karena duitnya ga cukup. Gw bawa semua buku yang gw beli tadi ke kasir. Karena gw pikir, gw bawa tas dan apa salahnya gw mengurangi pemakaian plastic untuk mereduksi sampah, dan lagi gw sudah menerapkannya kalau gw beli di toko-toko kecil, gw bilang ma mba-mba kasir di situ (again and again mba mba), “ga usah pake plastic deh mba..” dan dengan tampang aneh mba itu bilang,”harus mba..”
Aneh, mungkin mba itu berfikir, aneh banget sit u orang, idealis banget, dang w juga mikir, apa gw terlalu idealis? Tapi apa ruginya gramedia kalau ngebiarin gw ga make plastic itu. Toh gwnya aja ga ngerasa repot.
Mungkin emang sudah sangat sedikit orang yang peduli lingkungan, sedih… Tapi harusnya mereka sadar, instead of banyaknya polusi udara, banyaknya orang-orang buang sampah sembarangan, banyaknya penebangan hutan sembarangan, banyaknya rumah-rumah ga peduli daerah resapan air, menipisnya lapisan ozon, sebenernya masalah yang lebih krusial adalah menipisnya kepedulian manusia terhadap lingkungannya sendiri.
Banyak orang menyeru,” save our earth.. “, tapi banyak juga yang ga peduli sama sekali.

Tidak ada komentar: