Kamis, 20 November 2008

Berjiwa Besar

Berjiwa besar artinya adalah memiliki jiwa yang besar . dengan begitu kita bisa menerima sesuatu yang besar pula. (definisi sendiri ;p)

Mengapa kita perlu berjiwa besar? Itu adalah salah satu cara untuk menghilangkan tekanan dalam hidup. Mungkin ada yang bertanya-tanya bagaimana bisa? mungkin juga ada yang sudah mengerti apa yang saya maksut di sini.

begini..
berjiwa besar dan tekanan hidup adalah implementasi dari hukum pascal tentang tekanan. mungkin salah. yang benar adalah hukum pascal adalah implementasi dari hubungan berjiwa besar dan tekanan hidup.karena sesungguhnya semua yang ada di dunia ini akan mengikuti hukum alam. jadi sebenernya rumus pascal itu uadh ada di kehidupan manusia sehari-hari jauh sebelum hukum pascal sendiri ditemukan. hukum hukum yang lain juga. (kata pak sugi, guru fisika gw, juga gitu lho..)

lihat rumus berikut:
P = F/ A
P = tekanan
F = gaya
A = luas penampang

apa hubungannya? mari kita lihat
P itu adalah tekanan hidup
dan A itu hati kita, jiwa..
Ketika ada gaya yang bekerja dalam hidup kita, untuk membuat tekanan menjadi rendah, all we have to do is memperluas penampang hati kita. membuat jiwa kita menjadi besar. sebesar mungkin. semakin besar jiwa kita, maka semakin kecil tekanan yang akan dihasilkan.

rumus yang sangat sederhana. dalam menjalani hidup, yang dibutuhkan adalah kebesaran jiwa.
kebesaran jiwa
kebesaran jiwa
dan kebesaran jiwa...

untuk itu, dibutuhkan kiekhlasan yang begitu besar dalam menjalani hidup. keikhlasan yang menjadikan jiwa kita besar..
ketika ikhlas ada di jiwa
yang ada hanya bersyukur
dan hanya dengan bersyukurlah hidup menjadi indah..

Tidak ada komentar: