Minggu, 09 Desember 2007

ISO 9001:2000

Gw sekolah di sekolahan negeri ternama di Indonesia. Udah tau kan? Ga penting juga si, karena 6 bulan lagi gw akan meninggalkan sekolah ternama itu. Amiiin ya Allah!

Sekolah gw itu, sekarang si udah dapet sertifikat ISO 9001:2000, tapi anda semua harus tau proses menuju sertifikat itu.

*FYI ISO itu (entah bener atau salah) adalah sebuah standar internasional untuk system atau badan. Standart fasilitas gitu deh…Banyak di pake kok istilah itu, apa lagi kalo iklan.

Jadi, Setelah lama ada isu di sekolah gw tentang SMA 8 yang menuju ISO beredar, akhirnya para penguji ISO mau datang juga. Sekolah gw sangat sibuk(apalagi si bapak kepala sekolah). Mulai dari buat papan-papan kata mutiara lah, trus benerin genteng-genteng yang bocor lah, ngecet, banyak deh. Sampai-sampai jadwal piket perkelas, denah tempat duduk perkelas, pokoknya atribut lengkap kelas. Makanya ketua kelas and sekretarisnya sibuk.

Gak cuma itu aja, semua anak sibuk. Bahkan guru-gurunya juga. Ngapain? Tidak lain dan tidak bukan adalah menghapal visi misi sekolah dan kebijakan mutu sekolah. Oh my God! What an important! Mungkin penting, tapi ga usah di bagiin kertas selebaran visi misi, dan embel-embelnya itu dong! Masa ada ralat satu kata aja sampe dibagiin ulang tu selebaran ke satu sekolah. Ngabis-ngabisin kertas aja! Ada juga guru yang sambil ngabsen sambil ngetes anak-anak nyebutin visi misi dan embel-embelnya. Hfiuhh…

Sibuk banget emang. Yang lebih mencengangkannya lagi, entah kenapa(udah pasti si kenapa), Semua jadi berpura-pura. Waktu si tim pengusi dateng, heboh banget. Anak-anak pada sok-sok rapi. Sok baik, belajar di kelas tanpa ribut, buang semua sampah yang ada, baju di masukin, sepatu dipake, pake belt, wuahhh, heboh deh. Semua warga sman 8 konyol waktu itu. Like the fake plastic trees. Lucu deh kalo lo ngerasain situasi itu. Termasuk gw, bener-bener semuanya sepakat untuk terlihat perfect di depan penguji.

Gw piker, kami tidak akan lulus, eh ga taunya dapet juga tu sertifikat. Dan semuanya ga ada lagi tuh yang inget visi misi dan embel-embelnya, ga ada lagi tuh yang ngejar-ngejar guru setelah selesai ngajar untuk ngisi jurnal, baju keluar, sepatu di injek, botol-botol di atas meja, makanan dan lain0lain. Kecuali ada Pak Bos.

Heran? Ya ga usah heran lah, namanya juga orang Indonesia. Perfect kalo di uji, kalo ngga, ya wasalam. Setuju kan??

1 komentar:

alia pewe mengatakan...

way
baca postingan ini gw pengen ketawa
gw sempet bngung lho skola kita bisa dapet
soalnya panitia pengawasnya ga sempet masuk k kelas gw way
kl masuk bneran, pasti mereka lgsg membuang jauh2 it sertifikat dari sman 8, wekekeke