Minggu, 09 Desember 2007

idealisme anak muda

Gw masih muda. Yup! Sebentar lagi tua.

Sekarang di usia gw yang terbilang muda, gw lagi prihatin sama keadaan Negara gw tercinta—dari dulu sih lebih tepatnya. Indonesia susah banget lepas dari korupsi. Semua orang juga udah pada tau kalo seluruh aspek di negeri ini pasti pernah tersentuh tangan-tangan koruptor. Gw benci amat sangat sama koruptor-koruptor itu. Gw ga mau jadi koruptor dan gw akan memberantas itu di lingkungan gw nanti.

Sekarang di usia gw yang terbilang muda, gw berjanji sama diri gw sendiri kalo nanti, setelah menyelesaikan kuliah gw (entah di mana), insyaallah gw ga akan mau kerja di luar negeri. Gw mau membangun negeri ini, di bidang apapun yang akan gw geluti nanti. Gw lelah ngeliat bangsa ini ga maju-maju. Gw risih sama orang-orang “pintar” yang lebih memilih kerja diluar padahal Indonesia membutuhkan mereka. Mungkin aja gw salah, tapi yang gw rasa adalah udah waktunya tenaga kerja Indonesia untuk Indonesia.

Sekarang di usia gw yang terbilang muda, gw berpikir nanti gw ga mau kerja membabi buta. Gw mau menikmati hidup ini yang indah. Mau punya banyak waktu senggang dan ga ngoyo, tapi menghasilkan yang maksimal. Ga mau kerja yang ngerugiin orang.

Sekarang di usia gw yang terbilang muda, gw berjanji sama diri gw sendiri kalau nanti gw udah tua dan gw jadi seorang ibu, gw akan menjadi ibu yang paling baik sedunia. Bukan apa-apa, tapi namanya juga mengkhayal.

Sekarang di usia gw yang terbilang muda, gw berniat nanti kalo gw udah tajir gw akan mensejahterakan orang-orang yang membutuhkan(amin). Gw akan royal. Gw mau bayar zakat dan pajak yang bener. Kalo gw dapet bonus atau hadiah juga akan bayar zakat sesuai ketentuan. Gw mau sederhana aja, asalkan semua kebutuhan sekeluarga udah cukup, gw ga perlu yang lain-lain. Gw juga akan ramah lingkungan dengan cara apapun.

Dan, sekarang di usia gw yang terbilang muda, gw juga tau sesuatu. Gw mikir dan bertanya-tanya sama diri gw sendiri. Akankah gw berubah? I mean, nanti kalo gw udah tua apakah gw akan inget semua janji-janji gw sekarang?

Gw juga tau kalo sebenernya koruptor-koruptor cemen itu dulu ga mau korupsi (awalnya si iya, lama-lama keenakan). Gw juga tau kalo tawaran gaji yang jauh lebih ma’ nyus dari perusahaan luar itu sayang kalo dilepas dan akan susah untuk menjadi idealis. Gw juga tau kalo udah urusan perut, apapun ga bisa ditunda dan dinomerduakan. Gw juga tau semua ibu juga mau jadi yang paling baik, tapi ga ada yang sempurna kan?! Gw juga tau kalo hidup ideal—sesuai dengan ketentuan berlaku, banyak godaannya dan hambatannya, bukan hal yang tidak mungkin kita lupa berzakat, lupain orang-orang yang kurang beruntung di saat kita sangat amat beruntung, lupa buang sampah pada tempatnya. Lupa semuanya.

Banyak banget orang yang di masa mudanya memegang teguh suatu prinsip dan di masa tuanya?? Dan bukan ga mungkin kan gw lupa sama diri gw semasa muda di waktu tua? Kita lupa sama diri kita semasa muda di waktu tua?

Kalo ada yang bilang idealisme adalah hal termewah terakhir yang dimiliki oleh generasi muda, mungkin emang bener. Ya.. walaupun gw mengartikannya secara sempit atau bahkan salah. *5 cm*

Sekarang di usia gw yang terbilang muda, gw cuma takut menghadapi masa depan gw. Jadi orang yang seperti apa gw nanti. Di dunia bahagia atau ngga, di akhirat gimana. Dan nulis ini hanya sebagai reminder diri gw nanti 10 tahun mendatang. Dan tanpa ada sama sekali maksud menggeneralisasikan

1 komentar:

batokelapa mengatakan...

deuhhh...dewasa amat sih adik gw yg satu ini!


kalah mba nya....